DAFTAR TULISAN

Senin, 08 Maret 2010

Sisi Lain dari Kehidupan 2

Motorkupun berhenti di salah satu persimpangan jalan itu. Saat itulah terdengar kumandang adzan magrib dari berbagai penjuru. Perasaanku semakin kacau ketika mendengarkan suara panggilan Allah untuk sholat karena saat itu posisiku masih lumayan jauh dari Masjid yang akan kutuju. Dalam hatiku berkata"mudah2an masih sempat jamaah disana".
Dalam penantianku di lampu merah itu, datanglah beberapa anak kecil dengan pakaian lusuh berbalut jilbab di kepalanya menghampiri pengendara motor paling depan." Pak, minta uang?" sambil menegadahkan tangan-tangan mereka di depan setiap pengendara kendaraan senja itu. Dalam hatiku berkata " Benar gak sich anak-anak ini tidak mampu. Dimana orang tuanya? Tega sekali orang tua membiarkan anak-anaknya terlantar dijalanan, dimana hati nuraninya?"
Anak kecil itu menghampiriku" Kak...(dengan menegadahkan tangan mereka ke hadapanku)". Akupun menjawab" Ia dek, maaf ya,".
Lampu hijaupun menyala, aku kembali menarik gas motorku melaju menuju tujuanku.Disepanjang jalan ku berpikir tentang kehadiran anak-anak kecil tadi. Pakaiannya lusuh dan mengenakan jilbab. Sebagai seorang muslimah aku merasa iba melihatnya tapi ada sisi hal yang tidak sesuai dengan pemahamanku bahwa anak-anak itu memakai jilbab tapi mengapa berkeliaran dijalanan, jilbab yang melambangkan identitas islam menjadi ternodai. Bisa saja orang menyimpulkan bahwa ternyata ummat Islam suka meminta-minta. Akan dibawa kemana izzah Islam ini. Agama yang Mulia ini.
Pada kehidupan sekarang ini, banyak yang dilihat ternyata berbeda dari apa yang sebenarnya ada. Banyak para anak jalanan yang berkeliaran di sepanjang lampu merah, mereka terkadang menimbulkan keresahan dan juga kesedihan masyarakat kita hari ini. Zaman yang serba berkembang saat ini, hingga media informasi yang sangat akrab ditengah-tengah masyarakat. Melalui media dikabarkan bahwa ternyata fenomena anak jalanan itu membawa tanda tanya didalam benak masyarakat. Ada sebuah kejadian terkait anak-anak jalanan itu, bahwa mereka itu memiliki sebuah perkumpulan yang dikendarai oleh seseorang pemimpin mereka. Kerja mereka untuk pemimpin mereka. Kemudian ada juga mereka yang benar-benar kehilangan orang tua akibat dibuang sejak lahir ataupun ditinggalkan orang tua karena tidak mampu membiayai anak-anaknya.Dan masih banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkan mereka berada dijalanan.
Anak-anak itu sangat liar, mungkin karena tidak mendapat perhatian dari orang tuanya sejak kecil ataukah jika ada orangtuanya, mungkin orang tuanya juga seperti itu? Sungguh menjadi renungan kita semua ditengah glamor kehidupan dunia yang semakin tinggi. Apalagi mereka membawa identitas islam untuk beroperasi di jalanan. Itu menjadi tanggungjawab kita semua sebagai saudara seiman.

Tidak ada komentar: